7 Tips Menata Interior Rumah Minimalis

Tips Menata Interior Rumah – Tips dan trik utama dalam menata interior rumah minimalis adalah penataan layout interior khusus. Penataan layout ruang rumah senantiasa mempertimbangkan sudut ruang agar tidak terbuang percuma. Prinsip penataan interior rumah minimalis ini harus fungsional dan efisien agar ruang terasa lapang dan lega.

Pemilihan dan penataan furniture yang praktis dan fungsional tanpa banyak pernik akan menghadirkan kesan interior rumah minimalis yang simpel dan kuat. Pilihan warna, material, pencahayaan, elemen dekoratif akan mendukung gaya simpel minimalis dan memberikan kenyamanan optimal bagi interior ruang yang terbatas.

tips menata interior rumahKesan Lapang dalam Penataan Interior Rumah Minimalis 

Selain meminimalisir bentuk, desain interior rumah minimalis yang tepat juga sangat diperlukan. Penataan interior rumah minimalis ini, berbeda dengan desain yang digunakan untuk rumah yang berukuran luas. Baik dalam masalah perencanaan maupun penataan interiornya. Hal ini diperlukan teknik tersendiri, agar meski menggunakan konsep minimalis namun harus bisa menciptakan kesan yang lapang dalam ruangan tersebut.

Dalam menata bagian interior rumah minimalis, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain yaitu :

Hindarkan penggunaan sekat ruangan yang sifatnya permanen.

Lebih baik, gunakan partisi yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Karena penggunaan sekat yang sifatnya permanen ini hanya akan menyebabkan ruangan berkesan sempit. Dengan penggunaan sekat yang tidak permanen, maka fungsi dari sekat hanya sebagai penanda setiap bagian ruangan saja. Selain itu kita tidak akan kesulitan jika membutuhkan ruangan yang cukup luas, karena tinggal menggeser sekat atau partisi itu saja.

Dalam konsep desain minimalis harus memiliki prinsip sempurna, tepat serta tidak berlebihan.

Itulah mengapa, dalam memilih bentuk aksesoris harus yang memunculkan kesan bersih, tegas, tanpa banyak hiasan dan meminimalisir bentuk geometris.

Gunakan karpet yang memiliki warna solid dan tanpa motif.

Apabila kita hendak menggunakan karpet sebagai alas maka sarn di atas sangat efektif. Pemilihan karpet seperti ini, akan memunculkan kesan ruangan yang lapang dan lega.

Tambahkan beberapa aksesoris seperti lukisan

Untuk mempercantik ruangan, bisa menambahkan jenis lukisan yang cocok untuk rumah dengan konsep minimalis ini adalah lukisan yang memiliki komposisi sederhana. Selain itu, sebaiknya gunakan frame atau bingkai yang polos tanpa ukiran. Batasi pemasangan jumlah lukisan di dinding. Karena terlalu banyak lukisan yang dipasang, hanya akan menimbulkan kesan sempit.

Berhati-hatilah dalam memilih furnitur

Dalam memilih furnitur, sebaiknya kita perlu berhati-hati. Akan lebih baik jika furnitur yang dipilih memiliki konsep sederhana tanpa profil dengan ukiran yang berwarna gelap. Misalnya coklat gelap atau hijau tua.

Ruangan keluarga sebaiknya menggunakan warna tua misalnya coklat.

Bisa pula menggunakan permainan warna serat kayu yang diberi politur sehingga mampu menimbulkan kesan alami. Untuk furnitur yang akan dipasang di ruang keluarga sebaiknya menggunakan pola yang sederhana yang tidak terlalu banyak ukiran.

Bagian kamar tidur, sebaiknya diberikan dinding dengan warna cerah.

Apabila kita ingin menggunakan aksen, pilihlah aksen yang biasanya terdapat di bagian belakang headboard ranjang. Kita bisa pula menggunakan teknik wallpaper sebagai hiasan bagian dinding. Untuk wallpaper ini, sebaiknya gunakan motif yang berkesan alami seperti anyaman bambu atau daun-daunan. Untuk memilih tempat tidur pun, sebaiknya pilihlah tempat tidur yang sesuai kebutuhan. Jangan menggunakan tempat tidur yang ukurannya terlalu besar karena hanya akan menyita ruangan dalam kamar.

Baca juga: Memilih Jasa Desain Arsitek Rumah
tips menata interior rumah

Tips Penataan Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki banyak keterbatasan. Oleh karena itu, kita harus melakukan perawatan khusus agar rumah bisa tetap terlihat sejuk, berkesan luas dan juga menjadikan penghuninya betah berada di dalamnya.

Untuk itu, salah satu hal yang perlu dijaga adalah masalah kebersihan. Penghuni rumah minimalis harus rajin menjaga kebersihan rumahnya. Sebab apabila salah satu bagian saja terlihat kotor maka akan mudah terlihat dari bagian lain.

Selain itu, penghuni rumah minimalis ini tidak boleh menyimpan barang yang sudah tidak terpakai di dalam rumah. Karena hal itu hanya akan menyebabkan ruangan mudah terlihat sempit. Buang atau simpanlah barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi agar rumah tetap terlihat longgar.

Yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat rumah minimalis ini adalah masalah tempat pembuangan sampah. Jangan sampai kita melupakan bagian ini, karena jika tidak ditangani dengan baik maka sampah akan menyebabkan rumah menjadi kurang nyaman untuk ditempati.

Demikianlah 7 Tips Menata Interior Rumah Minimalis, jika anda membutuhkan bantuan jasa desain arsitek rumah maka bisa hubungi kami di nomor 081334919286 atau kunjungi website kami di https://suryaarsitek.com untuk melihat lebih lengkap portfolio dan hasil kerja kami.

Sekian terima Kasih