Categories
Desain Rumah Klasik

RUMAH TAHAN GEMPA LANGKAH MEMBANGUN

<———- SEBELUMNYA

Desain ini tentu sangat cocok untuk kondisi alam Indonesia yang kerap dilanda banjir. Rumah bola dirancang berpedoman pada hukum Bernauli. Dinding pada desain rumah bola dirancang dengan 32 sisi. Karakter khas desain ini terletak pada sistem pondasinya. Struktur pondasi desain rumah ini  adalah struktur pondasi bebas. Gayanya merata pada ke-32 sisi dinding, hal ini menyebabkan desain rumah ini memiliki kekuatan yang merata.

Membangun Rumah Tahan Gempa? Ini Langkahnya

Gempa bumi di Indonesia bagai menanti kawan lama, yang bisa saja datang di luar janji dan waktu yang di tentukan. Dan setidaknya Anda sudah siap bila si kawan lama itu tiba. Rumah yang Anda bangun siap ‘menjamu’  nya sampai si kawan lama itu pulang. Inilah langkah pembuatan rumah tahan gempa.

Desain balok tanah untuk rumah tahan gempa.

Join balok baja bersama-sama oleh kaki dan memungkinkan mereka untuk pergi ke luar garis bangunan untuk mengurangi kemungkinan struktur terbalik.

Membangun lantai dengan bahan ringan mirip dengan atap. Gunakan kayu lapis, chipboard atau kayu polos dengan balok dibaut kuat ke lantai untuk rumah tahan gempa.

Pastikan bahwa bangunan melawan tekanan ke samping. Membangun atap dengan bahan ringan. Tahan bangunan diagonal untuk menahan beban ke samping.

Membangun kayu-frame pada rumah. Meskipun ringan dan berkesan rapuh, kayu memberikan resistensi yang kuat terhadap gempa bumi. Ikat dinding sumur untuk fondasi rumah ketika membangun dan paku kayu teguh kancing untuk meningkatkan ketahanan gempa struktur. Gunakan konstruksi dinding geser dengan kancing membentuk shell dinding dan balok horisontal yang membentuk lantai dan kasau mendukung atap.

Pasang sistem panel besar untuk tempat tinggal. Mengatur panel beton secara vertikal dan horizontal untuk mengepung ruangan di sebuah gedung apartemen. Panel ini menegakkan integritas struktur bangunan bersama dengan panel lantai vertikal dan horisontal.

Gunakan sistem bangunan modular.. Dinding-dinding yang terbentuk mampu menahan gemetar disebabkan oleh gempa bumi dari kedua arah.

Melengkapi semua lemari dengan pengait. Ini termasuk lemari dapur dan lemari obat. Ini kait yang murah, dan mudah untuk di pasang dan menjaga isi lemari Anda tidak terbang sana sini selama gempa.

Simpan benda terberat, bersama dengan bahan berbahaya, di lemari tingkat lantai.

Amankan furnitur dalam posisi tinggi dan bingkai foto tergantung di dinding. Baut akan membuat furniture terpaku pada berat dinding,. Gambar mungkin akan tetap bisa bertahan jika Anda menggunakan gantungan keamanan untuk menjaga mereka di tempat.

Tempatkan T.V. Anda pada posisi berdiri, lebih rendah kokoh. Seharusnya tidak bertengger pada apa pun yang terlalu kecil dan sempit.

Dalam membuat desain rumah tahan gempa, maka interiornya pun perlu di perhatikan. So, Pindahkan tempat tidur dari bawah jendela. Idealnya, tempat tidur harus duduk di dinding bagian dalam ruang, yang adalah yang paling stabil.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa gempa bumi terjadi tanpa memberikan peringatan yang cukup. Mereka terjadi pada suatu titik waktu dan setiap saat sepanjang tahun.

Besar atau kecil, gempa bumi menjadi lebih dan lebih teratur di seluruh benua apalagi di Indonesia yang merupakan sabuk bertemunya dua lempeng benua. Maka tidak ayal, segala jenis tips keselamatan untuk gempa bumi di butuhkan, dan sangat di butuhkan, bersamaan dengan perencanaan ke depan dari waktu ke waktu.

Semua ini di upayakan agar dapat membantu apa saja dan dengan jalan bagaimana orang bisa menyelamatkan diri pada saat kejadian itu berlangsung.. Setelah di papar kan beberapa tips keamanan dalam pembuatan rumah di atas, penting pula bagi Anda mencari tahu informasi mengeni gempa yang akan membantu Anda dalam mengurangi bahaya dan memahami apa yang akan terjadi sebelum, selama, dan setelah serangan gempa.

Desain rumah tahan gempa, hanya salah satunya, dan bukanlah yang menentukan. So pasti, persiapkan diri Anda untuk yang terburuk.