Categories
Desain Rumah Klasik

PERABOTAN RUMAH TANGGA

<———– SEBELUMNYA 

Lemari

Lemari yang juga lumrah ada di setiap rumah adalah lemari pakaian. Sesuaikan ukuran lemari pakaian dengan jumlah pakaian Anda. Tetapi, sebaiknya, pilih yang sekaligus besar. Pilih juga material yang tidak mudah dihinggapi rayap. Soal model, itu semua bergantung pada Anda.

Juga ada lemari makan. Lemari ini digunakan untuk menyimpan makanan agar terhindar dari gangguan-gangguan hewan seperti kucing. Desain lemari ini biasanya berbentuk cabinet. Tapi, semuanya kembali pada pilihan Anda.

Meja dan Kursi

Meja dan kursi juga menjadi bagian yang penting dalam sebuah rumah. Meja dan kursi ini sepertinya merupakan perabot yang paling banyak jenisnya dalam satu rumah. Yaitu, meja dan kursi makan, meja hias dan kursi, kemudian meja dan kursi untuk tamu. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah ukuran dari kursi dan meja tersebut. Jangan sampai keberadaannya membuat rumah terkesan sempit.

Cermin

Cermin atau kaca juga menjadi salah satu barang wajib ada. Benda ini biasanya diletakkan di dalam kamar tidur. Tetapi, ada juga cermin yang diletakkan di ruangan selain itu. Fungsinya adalah tentu saja untuk merapikan diri. Bentuk, model dan ukuran cermin yang bisa Anda pilih saat ini sungguh sangat beragam.

Selain barang-barang yang sudah disebutkan di atas, pastinya Anda juga membutuhkan perabot lain. Perabot tersebut biasanya baru terpikirkan setelah barang-barang pokok terpenuhi. Biasanya juga, perabot tersebut memiliki fungsi untuk memperindah tatanan rumah. Seperti pot keramik, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Memilih Furnitur

Memilih furnitur mana yang tepat untuk ditempatkan di rumah Anda juga bukan perkara mudah. Semuanya harus saling menyesuaikan. Dengan ukuran rumah, bentuk, warna cat dan yang lain. Maka dari itu, penting sedari awal untuk mengonsep rumah seperti apa yang akan Anda ciptakan. Jika konsepnya minimalis, jangan tergiur untuk memilih aneka perabot dengan detail yang cukup sulit.

Desain rumah minimalis menjadi tren belakangan ini. Pemilihan perabotannya pun pada akhirnya menjadi serba berdesain minimalis. Seperti apa perabotan rumah tangga yang masuk dalam kategori minimalis? Sebagian besar dari Anda pasti tahu, bahwa minimalis adalah perabotan dengan desain yang simple, tapi berkelas.

Bentuknya cenderung tidak terlalu banyak detail, hanya bangun kotak atau bulat tanpa aksen yang njlimet. Furnitur seperti ini jelas bisa dengan sangat mudah disukai oleh mereka yang sederhana. Bentuknya mewakili kepribadian mereka.

Keberadaan furnitur minimalis ini identik dengan rumah yang kecil. Tapi, jika Anda bisa menyiasatinya, rumah kecil tersebut tidak akan terasa sempit. Pilih perabotan rumah tangga yang bentuk dan coraknya sederhana. Untuk menghindari kesan sempit, sebaiknya hindari corak-corak pada setiap perabot. Pilih yang polos saja. Misalnya ketika Anda akan memilih sofa.

Pilih perabot yang multifungsi. Sekarang ini, perabotan jenis seperti itu sudah cukup banyak terdapat di pasaran. Misalnya menggabungkan antara meja dan kursi atau dengan rak buku dan sebagainya. Perabotan yang mutifungsi tersebut tentu akan sangat membantu Anda dalam menghemat tempat.

Berbeda dengan ketika Anda memang tidak ingin sesuatu yang minimalis. Misalnya, Anda lebih menyukai tatanan rumah yang klasik. Jika luas rumah mendukung, kenapa tidak untuk membuat tatanan rumah yang anggun. Dalam mengonsep rumah klasik, yang harus Anda perhatikan ketika berhubungan dengan perabotan rumah tangga adalah detail dan keindahannya. Warna-warna kayu yang elegant sekaligus mahal pasti akan lebih menjadi pilihan Anda.

Memilih perabot rumah benar-benar bergantung pada selera Anda. Apakah perabot tersebut akan ditempatkan di kamar tidur, atau ruangan-ruangan yang lainnya. Tentunya dengan memerhatikan fungsi dari barang tersebut.

Pemilihan perabot atau furnitur memang membutuhkan pemikiran yang cukup menguras tenaga. Salah-salah, rumah Anda justru akan tampak aneh. Bagaimana pun juga, kenyamanan adalah faktor paling penting dalam memilih rumah beserta perabotnya.