Categories
Tips

Tips Merenovasi Rumah Lama

Merenovasi Rumah Lama – Dalam benak Anda mungkin banyak fantasi mengenai rumah idaman dan ingin merenovasi hunian lama anda. Fantasi-fantasi arsitektur rumah idaman tersebut bisa Anda terapkan pada rumah lama Anda. Keadaan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan Anda dan anggota keluarga lainnya akan menjadi problem besar dalam keluarga. Mungkin dahulu ketika membeli rumah Anda masih hanya bersama istri/suami Anda, namun selang beberapa tahun kemudian anak-anak Anda terlahirkan di rumah Anda.

Merenovasi Rumah LamaKiat Merenovasi Rumah Anda

Bila dahulu 2 kamar saja cukup dan terasa lapang bagi Anda namun sekarang ketika anak sudah ada 2 orang lebih dan berusia di atas 8 tahun maka mereka membutuhkan kamar pribadi. Kamar pribadi bagi anak akan membuat mereka merasa nyaman dan aman serta memiliki pricasi dalam kehidupannya.

Penyesuaian tata letak ruang rumah dan jumlah kamar harus diperhatikan agar rumah Anda tidak menjadi ruwet dan sempit. Anda harus merencanakannya dengan cermat dan tepat agar semua kebutuhan anggota keluarga akan ruang di rumah terpenuhi, misalnya kamar tidur anak, kamar tidur utama, dapur, ruang belajar, ruang tamu, ruang keluarga dan lainnya.

Selain alasan di atas merenovasi rumah diperlukan agar rumah tetap menjadi tempat yang aman bagi keluarga. Kayu penyangga dan atap rumah yang sudah lapu termakan oleh rayap harus segera diganti, begitu pula genteng, asbes, pintu, kusen dan lainnya. Anda tentunya tidak menginginkan benda-benda berat jatuh menimpa Anda dan keluarga. Merenovasi rumah adalah 2 kata yang wajib dilakukan pada kondisi rumah seperti ini.

Perabotan rumah yang semakin banyak karena bertambah setiap waktu membutuhkan tempat yang lebih besar. Membuat gudang sebagai penyimpanan perabotan rumah yang dianggap tidak begitu diperlukan namun bila luas tanah rumah sempit maka harus ada desain yang tepat dan bagus. Selera anggota keluarga bisa menjadi alasan untuk merenovasi rumah, misalnya rumah yang terlalu pendek sehingga cepat panas akan dirubah menjadi lebih tinggi. Bahkan persaingan antar tetangga dalam keindahan arsitektur rumah sering menjadi alasan untuk kembali mengubah rumahnya menjadi lebih indah lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merenovasi rumah lama agar menjadi seperti yang diidamkan. Tentunya tips ini diberikan pada Anda yang memiliki anggaran yang minim agar lebih berhemat namun memiliki hasil yang maksimal, di antaranya yaitu :

  1. Mengkonsep arsitektur rumah dengan jelas

Pada langkah ini Anda harus menentukan konsep rumah idaman Anda, mana sajakah bagian rumah yang harus direnovasi ? Desain yang dipakai apa ? Semua hal harus Anda pertimbangkan dengan matang, hal ini bertujuan agar Anda tidak ruwet dan berlama-lama dalam merenovasi rumah. Semakin lama waktu yaang digunakan dalam merenovasi maka biaya yang harus dibayarkan akan semakin mahal.

  1. Pilihlah bahan dan material yang sesuai

Pemilihan bahan dan material bangunan harus disesuaikan dengan anggaran renovasi yang ada. Sembarangan dalam memilih bahan akan membuat anggaran renovasi akan semakin membengkak, contohnya salam memilih jenis cat saja akan membuat anggaran bisa berbeda jutaan rupiah. Pilih bahan dan material bangunan yang berharga sedang namun memiliki keawetan yang panjang. Bila harga yang ada hanya berbeda sedikit saja maka pilihlah yang awet untuk beberapa tahun pemakaian.

  1. Menetapkan waktu renovasi rumah

Cuaca dan musim dapat mempengaruhi pekerjaan yang menyangkut bangunan. Begitu pula dengan renovasi arsitektur rumah akan semakin lama bila bersamaan dengan datangnya hujan. Hujan akan membuat renovasi menjadi mandek, contohnya pada waktu pengecatan dinding luar rumah datang rintikan hujan maka pengecatan akan berhenti sampai beberapa waktu yang lama. Untuk menghindari hal itu pilihlah musim kemarau dalam merenovasi rumah.

  1. Pakailah sistem borongan

Jika perencanaan renovasi rumah sudah secara matang dibuat maka Anda jangan memakai sistem pengerjaan harian. Tukang yang bekerja secara harian biasanya mempunyai waktu yang panjang dalam menyelesaikan pekerjaan, walaupun tidak semuanya seperti itu. Akan lebih baik bila Anda menggunakan jasa pemborong. Para pekerja baik kuli dan tukang dalam sistem borongan akan bekerja dengan maksimal dalam waktu yang singkat.Sebaliknya bila perencanaan renovasi Anda masih belum jelas maka gunakanlah jasa tukang dengan sistem harian.

  1. Memakai jasa desain arsitek rumah

Memakai jasa mereka mungkin sedikit mahal akan tetapi mereka akan memberikan rencana renovasi rumah dengan tepat. Hasil garapan arsitek mungkin akan lebih daripada garapan tangan Anda karena mereka bersekolah dan berpengalaman dalam merenovasi rumah. Keinginan Anda akan sebuah rumah yang indah dan nyaman akan mereka salurkan melalui perencanaan yang matang dan detail.

Anda bisa memilih dari beberapa desain yang mereka tawarkan. Dengan memakai jasa arsitek juga akan menghemat biaya ke depan karena mereka akan merencanakan renovasi yang bisa bertahan lama misalnya 10 ke depan.

Itulah 5 tips merenovasi arsitektur rumah. Merenovasi rumah akan memberikan hasilĀ  yang memuaskan bila dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Merenovasi dan membuat rumah yang indah dan nyaman tidaklah sulit anda hanya memerlukan banyak tambahan ilmu mengenai bangunan rumah, semakin banyak anda membaca artikel arsitektur maka anda akan semakin pandai dalam bidang arsitektur.

Demikianlah pembahasan dari tips merenovasi rumah lama anda. Jika anda membutuhkan jasa desain arsitek rumah online maka, kami surya arsitek studio merupakan perusahaan jasa desain rumah berpengalaman dengan tenaga ahli yang sudah bertahun-tahun dibidangnya. Hubungi 081334919286 untuk konsultasi desain arsitek impian anda