Jasa Arsitek Rumah

Desain Rumah Cantik

Arsitektur rumah memiliki peran penting dalam indahnya tampilan dan ketahanan rumah.

 

Bangunan adalah sebuah investasi jangka panjang karena biaya pembuatannya yang tidak murah. Bahkan tidak jarang, rumah yang hendak Anda bangun akan Anda tinggali seumur hidup. Dampak yang Anda rasakan akan sangat panjang. Tentu Anda ingin mendapatkan rumah yang sangat nyaman dan dapat Anda banggakan ke anggota keluarga, sanak saudara, dan siapapun yang bertandang ke rumah Anda.

 

Agar keinginan teratas terlaksana, prosesnya didukung oleh berbagai macam faktor seperti desain rumah, material yang digunakan, denah rumah, dan lain-lain. Faktor-faktor di atas   tentunya tidak akan terkerjakan tanpa seorang arsitek. Seorang arsitek yang hebat dapat membangun rumah sesuai dengan harapanmu, bahkan lebih! Akan tetapi, sudah bukan rahasia umum lagi kalau memperkerjakan seorang arsitek untuk mendesain rumahmu bukanlah hal yang murah. Selain itu, dengan banyaknya jumlah artsitek diluar sana, tentu saja akan membuat kita merasa bingung saat akan memilih. Tips memilih arsitek sebagai berikut :

 

1. Lihat portofolionya

Seorang arsitek handal tentu dapat dilihat dari portofolionya. Semakin berpengalaman seorang arsitek, pasti portofolionya semakin kaya, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas. Bagaimana bentuk-bentuk bangunan yang pernah dia desain sebelumnya? Apakah sesuai dengan selera Anda? Apa saja tipe-tipe bangunan yang pernah dia buat? Bila Anda ingin mencari arsitek untuk membangun restoran, tentunya Anda perlu mencari arsitek yang berpengalaman membangun restoran. Bila portofolionya begitu banyak, tetapi semuanya rumah tinggal atau bangunan tinggi (high rise) dan tidak ada satu pun proyek restoran, mungkin arsitek itu kurang tepat untuk Anda. Demikian pula bila Anda ingin membangun rumah sakit, tentunya Anda perlu mempekerjakan arsitek yang telah sering membangun rumah sakit, bukan restoran atau mal. Apabila Anda menemukan beberapa arsitek dengan portofolio yang bagus dan sesuai dengan selera Anda, mungkin Anda dapat mulai menghubungi dan membuat janji temu dengan mereka.

2. Lihat kepribadiannya

Langkah berikutnya untuk memilih arsitek adalah dengan menemui mereka secara langsung untuk melihat kepribadiannya. Apakah mereka orang yang supel atau pendiam? Apakah mereka suka bercanda atau serius? Apakah mereka meledak-ledak atau kalem? Pilihlah arsitek dengan kepribadian yang cocok dengan kepribadian Anda. Ingatlah bahwa mempekerjakan arsitek tidak sama dengan mempekerjakan tukang ledeng. Anda tidak cuma berhubungan dengan dia selama satu dua hari lalu selesai. Sebuah proyek arsitektur akan memakan waktu bulanan bahkan tahunan. Anda tentunya ingin bekerja dengan orang yang memiliki kepribadian yang Anda sukai. Selain bertemu langsung, Anda mungkin bisa mulai mengenali kepribadian seorang arsitek dari sosial medianya seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Banyak arsitek yang aktif di sosmed dan ini bisa membantu Anda untuk mengenal kepribadian mereka dengan mudah.

3. Tanyakan pendapat klien-klien sebelumnya.

Tidak ada pendapat yang lebih bisa Anda percaya dibandingkan dengan pendapat para klien yang sebelumnya pernah bekerja dengan arsitek tersebut. Seorang klien yang puas akan dengan senang hati memberikan penilaian-penilaian positif mengenai arsitek tersebut. Demikian pula sebaliknya, seorang klien yang kecewa biasanya akan secara otomatis meluapkan kekecewaannya pada Anda. Bila Anda telah mengetahui beberapa portofolio sang arsitek, Anda dapat mencoba untuk bertanya langsung kepada kliennya. Bila Anda telah mengenal klien sebelumnya, Anda cukup beruntung. Bila tidak, Anda bisa mencari tahu sendiri kontaknya atau bahkan menanyakan kepada sang arsitek. Kalau sang arsitek memang beritikad baik untuk membantu Anda, pasti dia akan dengan senang hati membagikan testimoni klien-kliennya yang puas kepada Anda.

 

Butuh jasa arsitek rumah yang terdiri dari tim professional dan berpengalaman? Serahkan kepada Surya arsitek. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.