Konsep Desain Rumah Toko

Desain Rumah Toko – Perkara-perkara pokok yang harus diperhatikan dalam merancang desain sebuah rumah toko ialah kenyamanan. Kenapa? karena kenyamanan adalah kunci utama yang harus ada dalam penggabungan dua fungsi bangunan yang berbeda, yakni sebuah toko dan rumah tempat tinggal ke dalam satu tempat kesatuan.

Suatu hal lain yang juga jangan sampai luput dari perhatian Anda adalah kemudahan akses antara ruang privasi keluarga dengan ruang tempat usaha atau ruang publik. Sehingga tidak saling mengganggu tau bentrok antar fungsi dari masing-masing ruang yang ada.

desain rumah toko

Ketepatan dalam mengkonsep desain atau rancangan rumah toko adalah hal yang harus Anda perhatikan betul. Hal tersebut supaya tidak terjadi ketidak efisien pada saat bisnis Anda sudah berjalan. Sebaiknya jika Anda berangan-angan untuk membuka usaha atau berbisnis juga dari rumah, maka rancangan rumah toko Anda sudah harus dipersiapkan dari sebelum Anda mulai membangun rumah.

Pastikanlah bahwa usaha yang akan dijalani itu sesuai dengan rencana dan angan-angan awal. Jika tidak, maka dikhawatirkan biaya renovasi yang akan dikeluarkan akan membengkak. Sayang sekali jika harus mengeluarkan biaya-biaya lain lagi.

Contohnya, jika rumah toko itu akan dijadikan klinik kesehatan. Ada baiknya untuk memisahkan tempat masuk ke rumah yang biasanya ada di bagian atas. Buatlah tangga khusus yang menuju ke rumah. Jangan sampai anggota keluarga keluar masuk dengan semaunya di wilayah publik pada jam yang tidak semestinya.

Dengan adanya akses khusus ini, para kerabat yang berkunjung juga tidak akan merasa tidak enak memasuki wilayah publik. Buatlah rancangan yang bagus dan benar-benar seperti rumah sehingga anak-anak juga merasa betah dan tahu di mana tempat mereka ketika kedua orangtuanya sedang bekerja.

Mereka paham bahwa mereka tidak boleh mengganggu orangtuanya yang bekerja. Kalau tanah yang dibuat ruko itu tidak menyisakan halaman untuk bermain, buatlah bagian atap sebagai tempat bermain yang aman. Taman kecil dengan pepohonan yang teduh dengan membuat anak nyaman bermain di atap rumah yang kosong.

Berilah pagar agar anak-anak tidak berani naik ke dinding. Pembuatan gazebo yang cantik juga akan membuat anak merasa berada di taman yang sebenarnya. Apalagi kalau ada kolam kecil dengan gemercik air dari pancuran.

Simak juga: Jasa Desain Rumah Terbaik

Pembagian Antar Ruang

Adapun pemisahan ruang-ruang yang ada – bila Anda akan mengalihfungsikan rumah yang sudah terbangun menjadi rumah usaha harus dilakukan dengan cermat. Misalnya menggunakan ruang-ruang yang tidak sering dipakai. Ruang-ruang seperti teras, halaman rumah, garasi atau carport, pavilion dan loteng rumah – terkadang dapat diubah menjadi sebuah ruang usaha yang Anda inginkan.

Namun apabila Anda telah membuat konsep atau rancangan rumah toko yang Anda mimpikan pada saat Anda tengah membangun rumah Anda, itu akan lebih sangat efektif lagi. Intinya adalah keberhasilan Anda dalam memanajemen ruang tergantung pada beberapa hal berikut.

Pertama, desain dan konsep gambar, pembagian ruang dan perencanaan pembangunan. Sehingga tidak terjadi pembangunan rumah yang sia-sia dengan terhamburnya material dan uang Anda hanya karena salah perencanaan dan salah desain. Kedua, komitmen terhadap apa yang telah direncanakan.

Konsekuensi dan Tips Desain Rumah Toko

Rumah yang selain dijadikan sebagai tempat usaha, (bahkan kadang-kadang apabila luasan rumah dan ruangnya memungkinkan) dapat pula berfungsi untuk lebih dari satu atau dua usaha. Semua hal tersebut mungkin terjadi, asalkan Anda harus siap dengan segala konsekwensinya.

Jika Anda sudah merasa yakin dengan keinginan Anda untuk membuat dan merencakan sebuah desain ruko demi kelancaran bisnis Anda. Maka sebaiknya Anda perhatikan beberapa konsekuensi dalam melakukan bisnis dari rumah. Antara lain, pembagian waktu yang efektif antara urusan pribadi dan usaha dan pemakaian ruang secara konsekwen dan tegas tanpa mencampur adukkan fungsi ruang.

Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan sebuah desain atau rancangan rumah toko yang efisien.

Pertama, jadikan kenyamanan sebagai kunci utama dalam pembuatan konsep desain rumah toko. Kedua, buat akses yang berbeda untuk menuju ke ruang usaha dan ke ruang pribadi. Ketiga, bila rumah minimalis atau ruangannya sempit, sementara Anda tetap bersikeras menginginkan sebuah ruang usaha, maka siasatilah dengan memberi batasan atau teritori yang tegas. Contohnya : dengan menempatkan partisi atau bidang massif permanen.

Meski tujuannya adalah melakukan penghematan dengan berkantor di rumah, namun Anda tetap mencadangkan keperluan pemeliharaan rumah dan toko dengan budget yang berbeda. Buatlah desain rumah toko yang cukup eye catching agar usaha Anda berhasil, terutama pada akses masuknya. Perhatikan keamanan anggota keluarga. Karena dengan menjadikan rumah sebagai tempat usaha, maka otomatis akan sangat mungkin Anda berhubungan dengan banyak orang/kolega/client Anda

Demikianlah pembahasan dari konsep desain rumah toko, jika anda menmutuhkan jasa desain rumah, toko, bangunan maka Surya Arsitek siap membantu anda. Jika anda ingin mewujudkan desain rumah impian anda, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan marketing kami di nomor 081334919286 dan kami siap melayani anda 24 jam.