Konsep Desain Rumah Tinggal

Desain Rumah Tinggal – Ada beberapa hal yang penting untuk dicatat sebelum membangun rumah impian. Iklim, merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan ketika Anda membuat desain rumah, terutama jika Anda berencana menerapkan gaya rumah dari daerah non tropis ke Indonesia ini.

Misalnya, rumah di daerah yang mengalami musim dingin semacam Eropa atau Jepang biasanya dibuat serba tertutup, beratap/berplafon rendah. Ketika gaya tersebut diterapkan pada rumah di wilayah tropis, Anda harus memaksimalkan penggunaan pendingin udara (AC), sehingga biaya tagihan listrik akan sangat tinggi.

Sebaliknya, jika Anda hendak membangun rumah model tropis, sebaiknya diberi banyak jendela dan pintu yang lebar, lubang sirkulasi udara yang lapang, serta plafon tinggi. Dengan demikian, dibutuhkan lahan cukup luas untuk sebuah rumah tropis.

Hal lain yang harus dilakukan adalah merancang model rumah sesuai kebutuhan seluruh anggota keluarga. Faktor kesehatan anggota-anggota keluarga pun patut diutamakan. Sebagai contoh, hindari material atau ornamen yang berdampak buruk terhadap kesehatan, seperti asbes.

Setelah mendata segala kebutuhan dan keinginan akan rumah tinggal impian, buatlah desainnya baik menggunakan jasa arsitek maupun tidak.

desain rumah tinggal

Desain Rumah Tempat Tinggal

Sebelumnya, sangat perlu untuk diketahui bahwa rumah merupakan tempat untuk setiap penghuni rumah bisa beristirahat setelah sepanjang hari melakukan berbagai macam aktivitas. Oleh karena itulah, rumah tinggal yang akan ditempati sudah selayaknya dibuat sedemikian rupa agar penghuni rumah yang menempatinya merasa nyaman dan aman.

Untuk mendapatkan beberapa hal penting tersebut, perlu untuk para penghuni rumah bisa membuat tampilan eksterior maupun interior desain rumah tinggal yang sesuai keinginannya. Dalam arti, rumah sesuai dengan keinginan ini mencakup biaya pembuatan rumah, ukuran rumah, hati penghuni rumah, dan banyak hal lainnya.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan sebuah gambaran mengenai desain rumah tinggal memang tidak semudah yang banyak dibayangkan. Hal ini dikarenakan, banyak hal-hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam mendesain rumah tinggal yang layak dihuni tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan, seperti manajemen perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan serta beberapa hal lainnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dari hal tersebut, memang ada baiknya jika dalam proses pembuatan rumah, desain rumah yang direncanakan menggunakan jasa arsitek profesional. Selain membantu dalam perancangan dan perencanaan desain rumah, jasa arsitektur juga bisa menjadi acuan dalam proses pembangunan rumah tersebut.

Dengan menggunakan jasa arsitektur, desain rumah untuk tempat tinggal diharapkan lebih tepat sasaran dengan hasil yang juga memuaskan. Selain hasil akhirnya yang memuaskan, kualitas mutu dan bahan juga bisa sangat dipertimbangkan jika Anda menggunakan jasa arsitek handal dalam merancang rumah tinggal idaman Anda.

Ditambah lagi, jika menggunakan arsitek dalam perencanaan pembangunan rumah maka perencanaan, perhitungan, dan analisa pembangunan rumah yang tidak maksimal, baik dalam fungsi ruang, tata letak, furniture interior, luas ruangan, pencahayaan, sirkulasi udara, dan para penghuni pada setiap unsur kegiatan yang terjadi dalam ruang dapat diantisipasi dan ditanggulangi dengan baik.

Ragam Desain Rumah Tinggal

Sebagai rumah tinggal, tentu desain rumah tinggal haruslah dibuat sesuai dengan keinginan penghuni rumah. Tidak hanya itu, desain rumah tinggal juga haruslah mengikuti perkembangan zaman dan jika perlu, dibuat desain yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Beberapa desain rumah tinggal mungkin bisa dipilih sesuai dengan desain yang ada saat ini, seperti desain rumah minimali, cluster, tropis, rumah adat dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasan ragam desain rumah tinggal yang dapat menjadi inspirasi rumah tinggal Anda;

  • Rumah Minimalis

Rumah dengan desain minimalis ini memiliki kesan sederhana dan banyak nuansa garis-garis serta bidang datar. Desain rumah minimalis ini menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia saat ini. Ornamen-ornamen yang digunakan pada setiap rumah dengan konsep minimalis sangatlah minim, sehingga banyak orang memilih konsep ini untuk desain rumah tinggalnya.

  • Rumah Cluster

Rumah cluster ini biasannya dibangun dengan desain rumah tanpa adanya pagar. Desain rumah cluster ini terinspirasi dari lingkungan pedesaan dengan menciptakan keharmonisan hubungan masyarakat antar tetangga. Tidak adanya pagar yang memisahkan rumah satu dengan rumah sebelahnya memungkinkan warganya untuk selalu berkomunikasi atau saling berinteraksi.

Desain rumah cluster ini biasanya digunakan dirumah-rumah kompleks yang hanya mengandalkan pagar utama kompleks yang dilengkapi dengan pos jaga serta petugas keamanan. Bentuk dan kondisi taman yang diatur di halaman depan rumah ditata seindah mungkin, sehingga tercipta sebuah hunian keluarga yang terkesan hijau dan modern.

  • Rumah Tropis

Indonesia terletak di sepanjang garus Khatulistiwa, sehingga negara ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Kondisi ini membuat banyak penyesuaian-penyesuaian di berbagai bidang, termasuk juga di bidang perumahan. Dari segi desain perumahan, desain rumah tinggal pada wilayah Indonesia ini disesuaikan dengan kondisi cuaca serta lingkungan tempat tinggal berada.

  • Rumah Adat yang Dimodifikasi

Seperti yang sudah banyak diketahui, Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman jenis rumah adat, sehingga dapat Anda lihat banyaknya keunikan dan bentuk khusus pada setiap masing-masing daerah di Indonesia. Bangunan rumah-rumah adat ini kemudian banyak dilakukan pembaharuan atau modifikasi dengan menambah atau mengurangi sebagian modelnya, sehingga dapat dihasilkan suatu karya arsitektur rumah yang baru.

Desain-desain rumah ini bisa dijadikan sebagai desain atau acuan pada rumah tinggal. Yang terpenting dari desain rumah tinggal ini adalah kenyamanan dan fungsi dari setiap komponen-komponen yang ada di rumah tinggal tersebut.

Simak Juga: Mendesain Rumah Tingkat Sederhana

Desain Rumah Tinggal

Manfaat Desain Rumah Tinggal

Desain rumah bagi sebagian kalangan tentu tidak membutuhkan spesifikasi yang rumit. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa dalam proses pembangunan sebuah rumah, desain bukanlah hal yang utama. Sehingga pembuatannya pun terkadang hanya dilakukan dengan sederhana, jika tidak bisa dikatakan asal-asalan saja.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang tidak menjadikan desain rumah sebagai salah satu tahapan dalam proses pembangunan rumah. Salah satunya adalah adanya anggapan, bahwa proses pembuatan desain pada tenaga desainer atau arsitektur rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Secara tidak langsung, hal ini akan menambah ongkos pengeluaran dalam proses pembuatan sebuah rumah.

Bagi mereka yang memiliki dana lebih, hal ini tentu bukan sebuah masalah. Namun bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, biasanya akan melakukan pemangkasan biaya-biaya yang dianggap kurang perlu. Salah satunya adalah dengan menghilangkan anggaran untuk membuat desain rumah tinggal.

Alasan lain mengapa masalah desain rumah tinggal ini terkadang tidak dijadikan sebuah prioriotas adalah adanya anggapan bahwa membangun rumah adalah masalah sepele. Sehingga, masalah desain ini cukup dilakukan dengan menggunakan coretan gambar sederhana tanpa memerlukan perhitungan detail sebagaimana layaknya saat membangun sebuah bangunan besar.

Di sisi lain, meski dianggap sepele namun pada dasarnya pembuatan desain hunian ini memiliki peran yang cukup besar dalam proses pembangunan sebuah rumah. Hal ini salah satunya terkait dengan adanya regulasi yang diterapkan pemerintah pada mereka yang hendak membuat sebuah bangunan.

Beberapa manfaat desain rumah tinggal ini di antaranya adalah :

  1. Untuk dokumen pendukung dalam proses pengajuan Ijin Mendirikan Bangunan dan juga dalam penentuan Pajak Bumi dan Bangunan.
  2. Desain bisa digunakan sebagai perhitungan awal untuk menentukan perkiraan biaya yang dibutuhkan serta waktu yang digunakan untuk proses pembangunan rumah tersebut.
  3. Sebagai gambaran awal untuk menentukan proses pembangunan rumah agar bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Sehingga nantinya tidak perlu terjadi proses pengerjaan ulang karena terjadi salah bangun.
  4. Sebagai blue print dari sebuah proyek, agar tidak terjadi sebuah kesalahan dalam pembangunan rumah tersebut. Dengan kata lain, desain tersebut sebagai panduan dalam pembuatan sebuah rumah.

Manfaat desain rumah untuk tinggal ini memang banyak memberikan keuntungan bagi penghuni rumah, selain dapat mengantisipasi kesalahan dalam pembangunan, hal ini juga dapat menjadi tolak ukur dalam pembangunan rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai konep desain rumah tinggal yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan desain rumah dan mencari arsitek berpengalaman, Surya Arsitek Studio solusinya. Surya Arsitek Studio merupakan layanan jasa arsitek yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menangani ratusan client di seluruh Indonesia. Ingin langsung konsultasi bersama team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 0813 3491 9286.