Desain Interior Rumah Terpopuler 2020

Desain Interior Terpopuler

Desain Interior Rumah Terpopuler – Design interior memegang peranan penting dalam memunculkan pencitraan terhadap sebuah rumah. Sebuah rumah yang sempit bisa terlihat lapang dan lega, jika tata letak semua perabot rumah tangga yang ada di dalamnya bisa diatur sedemikian rupa. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan kesan yang menyenangkan dan tidak terasa sumpek ketika berada di dalam rumah.

Penataan Rumah Agar Terasa Nyaman

Penataan rumah membutuhkan satu seni tersendiri. Kalau tidak benar dalam menerapkan satu konsep, maka rumah akan terlihat semberawut walaupun dari luar rumah itu terlihat megah. Penataan luar rumah memang sangat penting karena hal itu merupakan kesan awal orang lain menilai keberadaan rumah itu sendiri. Tetapi pada dasarnya, penataan dari dalam jauh lebih penting demi membuat semua penghuni rumah merasa damai dan dapat merasakan keberadaan rumahnya sebagai tempat terindah melabuhkan diri ketika kepenatan melanda.

Desain Interior Rumah TerbaruKalau mempunyai rumah dengan sebutan 4L (elu lagi elu lagi) alias rumah super kecil ukuran tipe 21, penataan interior adalah satu hal yang harus sangat diperhatikan. Jangan sampai rumah yang sudah kecil itu malah terasa bagai gudang yang tidak menerapkan konsep pergudangan alias tidak ada pengaturan sama sekali. Rumah seperti ini pasti terasa sumpek dan tidak nyaman sebagai tempat melepas penat. Kecuali kalau orang yang tinggal di rumah tersebut adalah tipe orang yang memang bisa merasakan kenyamanan ketika berada di tempat yang penuh dengan tumpukan perabot dan berbau tidak enak dengan aliran udara yang sangat sedikit.

Kalaupun pemilik rumah senang berada di rumah yang pengap dengan dikelilingi semua perabotan yang membuat rumah kecil itu terasa bagai gudang, bagaimana dengan teman atau keluarga dan kerabat serta tetangga yang ingin bertamu. Hal ini tentunya akan membuat orang sungkan singgah. Mungkin saja setelah satu kali berkunjung, mereka sudah tidak mau berkunjung lagi karena mengingat betapa sumpek dan pengapnya rumah itu.

Bagaimana dengan rumah yang berukuran cukup besar seperti tipe 70 ke atas? Hal ini bukan berarti sebuah rumah yang berukuran besar dan luas tidak membutuhkan sentuhan design interior. Sebab, tanpa adanya pengaturan yang tepat tentang bagian dalam sebuah rumah, maka akan mengakibatkan rumah tersebut menjadi terlihat kurang asri dan terawat. Sangat disayangkan ketika rumah yang besar dan terlihat megah di luar itu ternyata tidak ubahnya seperti kapal pecah yang telah berusia ratusan tahun.

Rumah penuh dengan tumpukan sampah, debu, dan perabotan super besar yang tidak terawat. Kalaupun sudah tidak ada lagi tenaga untuk merawatnya, ada baiknya pemilik merelakan sebagian perabotnya dijual atau diberikan kepada orang lain yang sekiranya lebih membutuhkan. Dengan demikian, rumah yang luas itu akan semakin terasa lega. Rumah yang lega itu artinya rumah yang aliran udaranya bagus dan pencahayaan alami lebih banyak masuk terutama pada siang hari. Kalau lega, udara dan cahaya matahari banyak masuk, kesehatan penghuni rumah juga akan lebih terjaga.

Kalau kesehatan terjaga, artinya banyak hal yang bisa dilakukan oleh penghuni rumah dalam kehidupannya. Perabotan yang mahal kadang membuat perasaan sayang menghalangi memberikan atau menjualnya. Kenangan yang indah dari keberadaan perabot itu juga membuat rasa berat itu semakin menjadi. Tetapi satu hal yang harus diingat bahwa perabot itu tidak akan menambah manfaat atau menambah pahala kalau tidak bermanfaat bagi kehidupan orang lain.

Jadi untuk rumah yang besar, hendaknya penataan dalam rumah juga harus disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Konsep ini akan membuat orang yang masuk ke dalam rumah merasa nyaman dan tidak terasa berada di tempat yang asing.

Jasa Desain Interior Rumah Terpopuler

Di daerah perkotaan sudah banyak muncul layanan yang menawarkan jasa design interior. Hal ini mengingat di daerah perkotaan, banyak rumah yang memiliki keterbatasan lahan sehingga menyulitkan pemiliknya untuk mengatur rumah agar nampak asri. Disinilah peran dari jasa penata interior dibutuhkan. Orang yang mempunyai ilmu menata keadaan dalam rumah, biasanya akan sangat tahu tentang pewarnaan dan jenis perabot mana yang tepat bagi jenis rumah dengan bentuk dan kontur tanah tertentu.

Mereka akan memberikan saran kepada para pemilik rumah, untuk mengatur bagian dalam rumah mereka sehingga nampak indah dipandang dan menimbulkan kesan nyaman. Tentunya, tanpa harus mengurangi fungsi dari sebuah ruangan tersebut. Bahkan seorang penata interior yang sangat mahir bisa membuat fungsi semua rumah yang berukuran kecil menjadi beberapa ruangan dengan menggunakan perabot rumah tangga multi fungsi.

Misalnya, sebuah meja makan yang juga berfungsi sebagai meja kerja. Sebuah tempat tidur yang bisa berfungsi sebagai sofa sekaligus tempat bersantai dengan peralatan penghias yang manis. Tentu saja perabotan multi fungsi ini mempunyai desain yang khusus dengan harga yang beragam. Di Indonesia, beberapa penjual telah juga memberikan bermacam model perabotan yang seperti ini.

Sebab, dalam sebuah design interior harus ada keseimbangan yang perlu diperhatikan. Yaitu antara keindahan penampilan dan juga tentang fungsi yang tidak boleh dilupakan. Jika salah satu dikalahkan, maka akan berdampak pada hilangnya kenyamanan dari sebuah ruangan yang pada akhirnya menjadikan penghuni rumah tersebut tidak betah untuk tinggal di dalam rumah.

Keseimbangan ini bisa juga menggunakan berbagai macam konsep, seperti apa yang diyakini dalam konsep feng shui. Letak arah satu gambar dan perabot apa saja yang perlu dibeli, harus dipikirkan dengan saksama. Bahkan ada konsep ‘bongkar pasang, tukar tambah, dan beli buang’. Konsep ini biasanya untuk rumah atau apartemn berukuran kecil. Maksud dari konsep tersebut adalah ketika akan menukar perabot lama dengan yang baru, yang harus dipikirkan adalah bagaimana dengan perabotan yang lama. Mau ditukar tambah, mau dibuang dan diberikan ke orang lain atau dibiarkan dengan mengalihkan fungsinya ke fungsi yang lain?

Konsep tersebut cukup berhasil diterapkan kepada rumah yang memang tidak luas tetapi penghuninya selalu ingin mengubah dan selalu ingin melihat kedinamisan rumah tempatnya tinggal.

Menciptakan Desain Interior Rumah Terpopuler

Jasa penata interior memang akan memberikan keuntungan bagi pemilik rumah. Sebab, mereka memang memiliki keahlian dan ilmu yang sesuai dalam tata letak sebuah ruangan. Namun, tentu saja hal ini harus diikuti dengan konsekuensi dibutuhkannya biaya yang tidak sedikit untuk ongkos jasa yang kita dapatkan.

Bagi yang memiliki keterbatasan dana, hal ini tentu akan sangat memberatkan. Namun dengan sedikit pemahaman tentang teknik tata letak ruangan, akan bisa membantu kita dalam menciptakan sebuah ruangan di dalam rumah yang terlihat nyaman tanpa harus mengurangi fungsi ruangan tersebut.

Ada banyak informasi yang tersebar di berbagai media termasuk di situs anneahira.com yang memang menyediakan beragam informasi secara gratis. Informasi tentang tata letak perabotan dan tips menata rumah ukuran kecil, rumah ukuran sedang, dan rumah ukuran besar, semua ada. Tidak menutup kemungkinan bahwa bacaan itu malah membangkitkan bakat yang terpendam selama ini, yaitu bakat menata ruangan.

Selain itu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika akan melakukan penataan ruang, seperti, perhitungan luas dan bentuk ruangan tersebut. Utamakan untuk meletakkan perabot rumah tangga yang vital terlebih dahulu. Misalnya pada ruang tamu, dahulukan untuk meletakkan kursi tamu terlebih dahulu agar kita bisa mengetahui berapa luas sisa ruangan yang ada sebelum menambahkan perangkat lainnya.

Itu yang pertama. Yang kedua, simpan peralatan yang kurang penting atau jarang digunakan di tempat yang tidak terlihat. Jika ada gudang, bisa disimpan di gudang. Bila tidak ada, sebaiknya kumpulkan semua barang tersebut dan masukkan ke dalam kardus untuk selanjutnya di simpan di bagian rumah yang tidak telrihat oleh mata secara langsung.

yang ketiga, perhatikan keamanan dalam tata letak ruangan. Seperti, jangan meletakkan vas bunga atau perabot lain yang mudah pecah di lokasi yang mudah dijangkau oleh anak-anak!
Berikutnya, pilihlah perangkat rumah tangga yang mudah dilipat jika tidak sedang digunakan agar menghemat tempat. Seperti meja makan lipat atau kasur lipat. Dengan demikian, pada saat peralatan tersebut tidak digunakan, maka tempat yang ada bisa digunakan untuk kegiatan lain dan juga terlihat lebih longgar.

Itulah hal-hal yang sedikitnya akan membantu Anda dalam menciptakan Desain Interior Rumah Terpopuler yang nyaman di rumah.

Simak juga artikel kami yang membahas Dekorasi Ruang Tamu Indah dan Menarik.