Dekorasi Ruang Tamu Indah dan Menarik

renovasi Rumah

Dekorasi Ruang Tamu yang memerlukan penataan khusus dan apik, karena berfungsi sebagai tempat untuk menerima pengunjung. Maka, Anda perlu menuangkan perhatian lebih supaya ruang tamu Anda terlihat representatif dan membuat tamu merasa nyaman.

 

Tips Dekorasi Ruang Tamu Indah dan Menarik

Furnitur yang ditempatkan harus berukuran lebih kecil dari ruangan untuk menghindari kesan sumpek atau sempit dan menghambat pergerakan penghuni. Anda bisa memaksimalkan ruangan dengan sofa panjang dengan dua atau tiga tempat duduk sebagai alternatif sofa atau kursi berukir yang besar.

Penggunaan sofa tambahan atau kursi-kursi lain yang berbeda tetapi memiliki benang merah juga bisa diterapkan supaya ruangan tidak monoton. Ornamen yang pantas dipajang di ruang tamu di antaranya adalah cermin dinding berbingkai, lukisan, atau benda-benda cantik koleksi Anda.

Apabila ruang tamu Anda berukuran kecil, model penataan interior yang pas adalah minimalis dan modern, supaya ruangan tampak lebih lapang. Namun bila Anda memiliki space berlebih, silakan berekspresi dengan leluasa.

Warna adalah salah satu faktor yang mempengaruhi desain ruangan-ruangan di rumah, termasuk ruang tamu Anda. Misalnya, ruangan yang kecil akan terlihat lebih luas dengan cat putih. Anda pun dapat menmenciptakan ruangan yang berkesan tampak lebih besar dengan menghias warna-warna yang mencerminkan intensitas yang sama, atau menggunakan sebuah tema.

Dekorasi Ruang Tamu Agar Tamu Nyaman

Ruang tamu adalah ruangan khusus yang kita gunakan sebagai tempat menerima tamu. Di ruangan inilah kita melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain yang datang berkunjung ke rumah kita. Dengan demikian, ruang tamu merupakan wajah keluarga kita. Oleh karena itu, kita harus membuat dekorasi secara maksimal di ruang tamu ini. Dekorasi ruang tamu merupakan salah satu langkah untuk memberikan pelayanan kita untuk tamu. Bagaimana-pun tamu adalah orang istimewa bagi keluarga kita.

Dekorasi ruang tamu jelas merupakan langkah kita memperkenalkan pola kehidupan kita kepada orang lain yang datang ke keluarga kita. Sekilas, pada saat memperhatikan kondisi ruang tamu, maka orang dapat menilai bagaimana pola kehidupan keluarga kita. Oleh karena itulah, maka dalam mendekorasi ruang tamu kita harus mendasarkan pada konsep dasar keluarga kita. Ini merupakan cermin keluarga kita.

Bagaimanapun, kita ingin semua tamu yang datang ke rumah kita merasa nyaman saat berada di ruang tamu. Kita harus menanamkan kesan positif terhadap kondisi keluarga kita. Dan, semua itu hanya dapat kita kondisikan jika dekorasi ruang tamu mampu memberikan kesan tersebut. Semakin bagus, sesuai dekorasi ruang tamu kita, maka semakin positif respon tamu dan hal tersebut semakin bagus pada citra keluarga.

Sudut Meja Bar

Sudut ini dinamakan sebagai sudut bar sebab di sudut inilah kita persiapkan beberapa minuman yang umumnya dipergunakan untuk menjamu tamu. Tentunya dalam hal ini jenis minumannya adalah soft drink. Kita tidak menyiapkan minuman dengan kandungan alkohol di dalamnya sebab bukan budaya kita.

Untuk menjamu tamu, khususnya terkait dengan minuman, maka minuman yang kita persiapkan adalah minuman yang pada umumnya dikonsumsi, misalnya air mineral, minuman botol ataupun kaleng. Mungkin dalam hal ini kita dapat juga menyediakan minuman bersoda.

Untuk menunjang keberadaan meja bar ini, maka sebaiknya di balik meja atau ruangan bar tersebut, kita juga menempatkan lemari pendingin ukuran kecil sehingga dapat disimpan di bawah meja bar. Di samping itu, kita dapat menyediakan rak minuman atau juga lemari penyimpannya.

Dengan adanya meja bar ini, maka kita tidak perlu bingung mempersiapkan minuman bagi tamu yang datang ke rumah kita. Begitu tamu datang, maka kita dapat langsung mempersiapkan jamuan minum dari meja bar tersebut.

Karpet di sekitar tempat duduk

Sementara untuk menambah nyaman ruangan tamu, maka di bawah kursi dapat kita pasang kerpet. Karpet ini merupakan upaya kita memberikan kenyamanan kepada tamu. Dengan beralasan karpet setidaknya tersalurkan satu kondisi yang penuh kehangatan kita kepada tamu.

Karpet yang kita pasng di lantai di sekitar tempat duduk merupakan satu penunjuk bagi semua bahwa disinilah para tamu berada. Dan, karpet ini selanjutnya dapat memberikan kenyamanan kepada tamu atas pelayanan maksimal kita sebagai tuan rumah. Bagaimanapun, tamu adalah sosok istimewa yang hadir ke rumah kita.

Dengan karpet sebagai alas lantai tempat duduk kita, setidaknya tamu merasakan satu penghormatan atas kehadirannya. Dan, penghormatan ini tidak lain adalah upaya kita ‘mengorangkan’ tamu atau orang lain. Selama ini yang terjadi adalah memposisikan tamu sebagai orang lain sehingga sangat berpengaruh pada sikap selama berkomunikasi.

Hiasan Lampu Gantung

Untuk lebih memberikan kesan nyaman di ruang tamu, maka dekorasi ruang tamu dapat kita tambahkan lampu gantung. Lampu gantung dengan beberapa bola lampu dan hiasan rumbai rumbai ini dapat kita letakkan di tengah ruang tamu. Pada saat lamu dinyalakan, maka seuruh ruangan menerima cahayanya secara maksimal.

Dengan adanya lampu gantung ini, maka setidaknya mengesankan kenyamanan yang tiada tara di ruangan tersebut. Disamping itu, keagungan ruangan dapat memancar lepas kepada semua orang yang ada di ruangan tersebut. Pendaran cahaya dari keping keping rumbai yang ada di lampu gantung tersebut menambah bagus pendaran cahaya di ruangan tamu tersebut.

Tidak perlu Jam

Satu hal yang terpenting dalam hal ini adalah, lebih baik di ruang tamu dihindari pemasangan jam, atau penunjuk waktu. Hal tersebut memberikan kesan negative sebab keberadaan jam tersebut seakan selalu mengingatkan kepada tamu atas waktunya. Tidak heran jika ada yang berkomentar bahwa dengan memasang jam di ruang tamu, setiap saat kita seakan mengusir tamu untuk segera pulang. Sungguh sangat tidak bagus. Oleh karena itulah, lebih baik kita tidak memasang jam di ruang tamu.

Lantas, bagaimana dengan dekorasi ruang tamu Anda? Sudahlah semua nyaman?

Baca juga artikel kami yang membahas tentang Aneka Desain dan Denah Bagi Rumah Ideal